Kamis, 09 Juli 2009

MeMbiDiK LoWonGaN KeRja ViA InTeRnEt


Selain surat kabar, media alternatif yang kini banyak dipakai para pencari kerja adalah internet. Namun sebelum mengaplikasi lamaran secara online perhatikan hal-hal berikut ini agar lamaran yang kamu buat efisien dan tepat sasaran.
coba dee tipsnya :
1. Pilih
Sebelum mengirim lamaran tentukan pilihan, mau melalui situs-situs resmi perusahaan yang dituju atau lewat portal forum lowongan kerja. Jika kamu memilih lewat portal lowongan kerja buka saja situs lowongan kerja berbahasa indonesia karena situs lowongan berbahasa asing biasanya menyediakan daftar lowongan kerja di luar negeri kecuali kalau kamu memang ingin kerja di luar negeri.


Kalau kamu belum tahu situs lowongan kerja apa sang bisa kamu explore coba saja searchegine diantaranya google misalnya kamu ingin mencari kerja marketing ketik di search engine lowongan kerja marketing nanti akan muncul sejumlah pencarian yang kamu bisa lihat satu persatu.
2. Teliti tanggal kadaluarsa
Begitu telah terpampang beberapa lowongan, lihat dulu tanggal berakhirnya lowongan kerja tersebut, jadi kamu bisa memastikan lowongan kerja belum kadaluarsa.
3. Konfirmasikan
Jika perusahann tersebut meminta kamu memasukkan CV dan biodata via email, pastikan email tujuan tersebut menggunakan web perusahaan. misalnya lowongan kerja di BCA Finance pastikan alamat email tersebut menggunakan web perusahaan seperti recruitment@bcafinance.co.id. jika menggunakan email tujuan lain, ada dua kemungkinan yang terjadi perusahaan tersebut memakai jasa outsourcing dalam perekrutan calon pegawainyaatau lowongan berasal dari orang dalam di sebuah perusahaan. Tak ada salahnya kamu mengkonfirmasikan ke pemilik blog atu website untuk memastikan bahwa lowongan tersebut memang ada, jika tidak mendapatkan konfirmasi.lebih baik abaikan. kamu hanya akan buang waktu dan tenaga karena hasilnya sia-sia.
4. Resume rapi
Setelah itu buatlah resume dengan rapi dan enak dibaca. Perhatikan ukuran huruf dan jenis tulisan. Hindari format yang aneh lebih baik gunakan font standar seperti arial, verdana atau trebuchet Ms dengan ukuran 10-12 sebaiknya save resume kamu ke format RTF atau text sehingga mencegah kemungkinan si penerima tidak bisa membaca file kamu. Gunakan bahasa yang singkat dan obyektif untuk meggambarkan setiap jabatan yang pernah kamu duduki dan prestasi apa saja yang pernah dicapai.
5. Risetlah
Ada baiknya melakukan riset sebelum mengirim resume tersebut. manfaatkan milis atau newsgroup untuk menanyakan kredibilitas dari situs tertentu. ini penting karena kamu akan memberikan informasi diri secara jujur. Ini untuk menghindar informasi tersebut jatuh ke tangan yang salah.
6. Fokus pada posisi
Masukkan aplikasi lamaran hanya pada posisi kerja yang terbaik menurut keahlian dan pengalaman kamu.
7. Konfirmasi lagi
Setelah memasukkan lamaran tak ada salahnya kamu menghubungi perusahaan tersebut untuk memastikan lamaran kamu sudah diterima atau belum jika lowongan itu mencantumkan nomor telepon perusahaan.
Jadi buat teman-teman yang sedang mencari kerja ada baiknya kn mencari lowongan kerja via intrnet tapi perlu dsimak dee tipsnya siapa tahu ada manfaatnya.

1 komentar:

Unknown

Temukan Lowongan Kerja Teknik Terbaru di situs http://www.engineeringjobs.co.id
GRATIS Pasang Lowongan Kerja hingga akhir 2011!

Blogger template 'Pinki' by Ourblogtemplates.com 2008

Jump to TOP