Rabu, 24 Juni 2009

KoNsUmSi ViTaMiN AlAmI


Vitamin tidak seperti protein, karbohidrat, dan lemak dan vitamin pun tidak bisa memproduksi energi, vitamin hanya membantu enzim yang melepas energi dari karbohidrat, protein, dan lemak. Jadi hati" dengan klaim 'vitamin energy' atau diet yang mengaharuskan mengganti makanan dengan suplemen vitamin.
Sepertinya vitamin banyak tersedia dari makanan alami yang kita konsumsi.


karena itulah sebelum mengonsumsi vitamin dalam bentuk kapsul cobalah untuk mendapatkan vitamin dari bahan makanan alami bisa didapat dari beberapa vitamin diantaranya :
Vitamin B1
Supports metabolisme energi dan fungsi syaraf, Banyak terdapat di bayam, kacang polong, jus tomat, semangka,biji bunga matahari, daging yang tidak berlemak, susu kedelai.
Vitamin B2
Supports metabolisme energi, penglihatan normal dan kesehatan kulit, banyak terdapat di bayam, brokoli, jamur, telur, susu, hati, tiram dan remis.
Biotin
Metabolisme energi, sintesis lemak. metabolsme asam amino, sintesis glikogen, terdapat di bahan makanan.
Pantothenic Acid
Supports metabolisme energi terdapat di bahan makanan.
Vitamin B6
Asam amino dan metabolisme asam lemak, produksi sel darah merah. Terdapat di nanas, semangka, jus tomat, brokoli, bayam, kentang, beras putih, dada ayam.
Folate
Supports sintesis DNA dan pembentukan sel baru, terdapat di jus tomat, buncis, brokoli, bayam, asparagus, kacang-kacangan.
Vitamin B12
Dibutuhkan dalam sintesis sel baru menghancurkan asam lemak dan asam amino, membantu memelihara sel urat syaraf. Banyak terdapat dalam daging, unggas, ikan, kerang-kerangan, susu dan telur.
Vitamin C
Sintesis colagen, metabolisme asam amino membantu penyerapan zat besi, immunity dan antioksidan. Banyak terdapat di bayam, brokoli, jus tomat, kiwi, mangga,jeruk, grapefruit juice dan stroberi.Vitamin A
Untuk kesehatan mata, kulit, pertumbuhan tulang dan gigi, immunity dan reproduksi. Banyak terdapat dalam brokoli, mangga, wortel. jus tomat, kentang manis. labu han hati sapi.
Vitamin D
mendorong mineralisasi tulang lewat sinar matahari, Banyak terdapat dalam susu, kuning telur, hati dan minyak ikan.
Vitamin E
Antioksidan, mengatur reaksi oksidasi, menstabilisasi membran sel. Banyak terdapat dalam polyunsaturated plant oils (minyak jagung, canola oil, soybean) terigu biji bunga matahari, tahu, alpukat, kentang manis, udang, dan ikan cod.
Vitamin K
Sintesis protein pembeku darah, mengatur kadar kalsium dalam darah. Banyak terdapat dalam sayuran berdaun rindang, bayam, brokoli, hati, tauge.


1 komentar:

Jayadi Gusti

Alam memang dijadikan bermanfaat bagi siapa saja yang mau mengolahnya, tetapi ... berkah (maksudnya nilai plus dari manfaat umum itu) hanya disediakan bagi hamba yang memulai sesuatunya dengan nama Dia.

(Komentar ini juga untuk manfaat cincau ya ... sekalian. Walaupun soal cincau aku punya kenangan sewaktu masih kecil sering membuatnya sendiri dengan adikku).

Blogger template 'Pinki' by Ourblogtemplates.com 2008

Jump to TOP