Senin, 30 Maret 2009

10 CaRa KaYa TanPa StOp BeLaNjA


Kebiasaan belanja sering dianggap biang keladi isi dompet yang tidak survive. ho ho nanti dulu! jangan buru-buru memutuskan "pisah ranjang" dengan mall. Anda tetap bisa belanja, dompet relatif aman bahkan bisa nabung segala.
nee 10 cara kaya tanpa berhenti belanja:
1. Bikin Plan
Sebelum berangkat buatlah rencana yang matang.kemana Anda akan belanja dengan siapa,naik apa, berapa yang harus dikeluarkan,makan dulu atau tidak oia yang tak kalah penting jangan lupa!bikin daftar belanja.


2. Meremehkan receh
Uang receh sekecil apapun simpan dengan manis jangan sesekali anggap remeh. Rada rese tapi sebenarnya anda tidak bisa mengabaikan uang kembalian.
3. Gunakan Kartu kredit
Anda tidak repot dengan urusan kembalian ? Gunakan kartu kredit debit untuk pembayaran belanja anda. Nilai barang dengan nominal aneh(Rp.259.035 misalnya)bisa anda bayar setiap rupiahnya.
4. Lunasi Kartu kredit
Bunga kartu kredit itu kejam,lho. Apalagi kalau tiap bulan hanya membayar minimum payment. Bunga itu akan memakan anda hidup-hidup itu sama saja memindahkan gaji hasil keringat selama sebulan ke kartu kredit. Oh plzzzz anda harus menghentikan ini sumber kemiskinan paling top.Coba lihat pemakaian kartu kredit anda apakah tagihan sudah separuh dari limit atau lebih? Ok hentikan dulu pemakaian kartu kredit. Mulai sekarang coba lunasi. Tentu saja tidak harus dilunasi semua dalam waktu satu bulan jika tidak mampu.tapi buatlah target kapan akan melunasinya. Dalam tiga atau enam bulan misalnya.
5. Pilih jam
Usahakan memilih waktu belanja yang tidak membuat anda punya alasan untuk makan siang,ngopi atau makan malam dulu. kalau toh anda tetap ingin melakukannya rencanakanlah dari rumah jam-jam tanggungdan bisa jadi solusi untuk mencegah anda duduk di resto atau kafe misalnya pada pukul setengah tiga hingga setengah lima sore.
6. Jangan implusif
Rasanya acara belanja kurang sip dee klo tidak ada barang 'main sambar'.sepertinya mal penuh dengan barang-barang yang begitu memelas meminta dibeli. Ok kemarin anda boleh begitu tapi mulai hari ini no way. barang-barang cute itu akan tetap survive kok walau anda tidak membelinya dia pasti akan menemukan 'induk semang lain'. Anda tak perlu mudah terharu pada si cantik ini,si cantik itu yang seolah-olah memanggi-manggil(dompet)Anda.
7. Budget belanja dadakan
Anda tidak perlu kejam pada diri sendiri. Boleh kok belanja yang lain di luar daftar. Barangkali saja ada barang menarik yang sudah anda incar sejak zaman purba. Dan ini menariknya belanja seperti itu bisa dianggarkan.Sebelum berangkat belanja, buatlah anggaran belanja dadakan.Jadi walau terkesan implusif sebenarnya anda sudah mencadangkan uang untuk itu.
8. Kumpulkan kembalian
Coba bongkar dompet dan tas anda. juga laci-laci meja kantor kotak pensil di meja kerja serta selipan-selipan lain. Bukan tidak mungkin anda menemukan 'harta karun'.Atau anda tidak menghabiskan budget belanja hari ini hingga masih ada sisa uang senang-senang. Mulai hari ini kumpulkan uang-uang kembalian belanja serta uang yang tak terkumpul itu jadi satu simpan di lemari atau di suatu tempat yang sulit dijangkau.anda bisa menjakaunya untuk menyimpan uang saja bukan untuk mengambil jadikan kebiasaan!! Setiap dua atau tiga bulan sekali kosongkan 'kotak harta karun'dan bawa isinya ke bank masukkan rekening tabungan tanpa sadar anda sudah makin kaya.
9. Auto debet
Gaji anda ditransfer kan? jika tidak mulai hari ini buat rekening dan minta kantor untuk mentransfernya,tidak ada kebijakan itu? hari gini? tapi oke lah jika benar demikian segera masukan gaji anda ke rekening tabungan. Setelah itu daftarkan diri anda pada bank untuk melakukan auto debet sejumlah tertentu setiap bulan ke rekening tabungan lain(jadi harus ada dua rekening). Hal ini akan membuat anda otomatis menabung tanpa terasa. Syarat utamanya rekening tabungan tidak boleh dikuras habis dan rekening satunya harus dijaga betul. percayalah pada bulan pertama rasanya seperti sebuah penderitaan lama-lama tidak terasa bahkan anda bisa lupa kalau punya tabungan.
10. Shopping day
Catat dalam agenda anda hari apa saja yang akan ditetapkan sebagai hari belanja. pada saat menentukannya pikirkan kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi pada waktu-waktu tersebut.intinya tentukan hari belanja dan teguhkan iman untuk tidak akan belanja di luar hari itu.

Jadi coba az tips yang saya paparkan siapa tau nee bisa dapat mengumpulkan uang tanpa harus berhenti belanja mudah-mudahan bisa bermanfaat.

1 komentar:

Dian Maya Kirana

Ya ampun,, mana ada bisa kaya kalo belanja mulu,,

kecuali dipinang sama putra mahkota negeri kaya minyak :)

But still, i LOVE shopping till' drop.

Blogger template 'Pinki' by Ourblogtemplates.com 2008

Jump to TOP