Senin, 16 Maret 2009

SeRiBu MaNfaAt KaCaNg HiJaU


Vitamin E dan radikal bebas (free radical) kedua istilah ini pasti tak asing lagi terdengar. Tak hanya pada makanan tapi juga pada produk kecantikan , Vitamin E selalu diunggulkan ampuh untuk memerangi radikal bebas. Vitamin E adalah golongan vitamin yang larut dalam lemak artinya vitamin ini terdapat dalam bagian makanan yang berminyak dan dalam tubuh hanya dapat dicerna oleh empedu, hati karena tidak larut dalam air.


Fungsi Vitamin E
Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, membantu mengatasi stress, meningkatkan fertilitas meminimalkan resiko kanker dan penyakit jantung koroner, vitamin E memiliki peran sangat penting bagi kesehatan kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet, serta mempercepat proses penyembuhan luka.
Sumber Vitamin
Vitamin E banyak tersedia dalam minyak yang dihasilkan dari biji-bijian sperti: minyak kacang, minyak kulit gandum, minyak jagung dan minyak biji bunga matahari. Selain itu vitamin E juga terdapat pada sayuran hijau, sereal, hati, kuning telur, lemak susu, kacang-kacangan dan mentega. Hal yang penting diingat tentang vitamin E adalah mudah rusak oleh panas yang tinggi(proses memasak) dan oksidasi( terpapar oksigen) itu sebabnya sumber vitamain E terbaik adalah makanan segar, mentah, atau makanan yang belum diproses.
Lalu mengapa vitamin E sering dihubungkan dengan radikal bebas?
Radikal bebas adalah hasil oksidasi molekul di dalam tubuh. Sebenarnya jika diproduksi dalam jumlah yang pas radikal bebas dibutuhkan bagi kesehatan dan fungsi tubuh, yaitu untuk memerangi peradangan, membunuh bakteri merugikan serta mengendalikan tonus otot polos pembuluh darah dan organ lain dalam tubuh. Tapi bila diproduksi melebihi batas, radikal bebas dapat menyerang sel-sel tubuh. Sehingga berubah fungsi. Perubahan fungsi sel ini memicu proses penuaan yang belum waktunya, serta berbagai gangguan kesehatan.
Berapa jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh
Bila kita menginginkan fungsi vitamin E sebagai antioksidan, maka seorang perempuan membutuhkan sedikit 120 IU (international Unit) per hari. Namun menurut catatan medis. Kebanyakan perempuan Indonesia hanya akan makan makanan yang mengandung 10,4 – 13,4 IU per hari. Untuk mencukupi kebutuhan itu, kita bisa mengkonsumsi vitamin E dan Vitamin E sintetis. Karena kebutuhan vitamin E kita terbatas, maka tubuh akan segera bereaksi ketika mengalami kondisi tidak berimbang. Gejala yang terlihat nyaris berbeda. Namun cenderung samara sehingga nyaris berbeda namun cenderung samara sehingga bisa jadi sulit dpahami
Gejala kekurangan
Ketika kadar vitamin E dalam darah sangat rendah, sel dalam darah merusak dan terbelah.proses pembelahan sel darah merah ini disebut hemolisis eritrodit. Kondisi ini menyebabkan gangguan pada system syaraf dan otot. Gejala yang dirasakn adalah kesulitan dan nyeri yang menetap pada otot betis.
Kelebihan Vitamin E
Keracunan dapat terjadi jika kita mengkonsumsi vitamin E secara berlebih. Kita akan merasakan sakit kepala, lemah dan selalu lelah, serta pusing yang disertai gangguan penglihatan.
Oleh karena itu banyak sekali manfaat dari kacang hijau yang bisa qta tahu. ini sekedar info az yang aq berikan ma teman" siapa tahu dari yang tidak suka mengkonsumsi kacang hijau menjadi suka dikarenakan banyak sekali manfaat dari kacang hijau. Mulai dari sekarang perbanyaklah mengkonsumsi kacang hijau karena sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

2 komentar:

Mel_anie

Pertamax,,,
Nice artikel sha!!!

Keep share yah!
Salam persahabatan

^_-

raka

tau aza nee SHaSa ... ga salah kan aku suka kacang ijo, hehehe

Blogger template 'Pinki' by Ourblogtemplates.com 2008

Jump to TOP