Kamis, 09 April 2009

LaNgSiNg DeNgAn VeGeTaRiAn


Apa yang terpikir ketika mendengar kata vegetarian? mungkin membayangkan pola makan yang hanya terdiri dari sayur dan buah tanpa bahan hewani.Kini makin banyak orang menerapkan pola makan ini demi alasan kesehatan. Namun ternyata pola makan vegetarian bisa memberi manfaat tambahan, berupa pengendalian bobot tubuh. Agar anda lebih keanal dengan jenis pola makan ini cermati uraian berikut:


Vegetarian adalah pola makan yang menghindari berbagai produk hewani. Asalnya, pola makan ini merupakan bagian dari ajaran suatu agama. Namun sekarang vegetarian sudah menjadi bagian gaya hidup. kini terdapat beragam pola vegetarian.
Vegan
Aliran vegetarian yang paling ketat sama sekali tidak mengkonsumsi produk-produk hewani termasuk telur, dan susu. Ada juga vegetarian yang dijuluki Fructarian, selain tidak mengkonsums hasil tanaman yang bisa dipanen tanpa menyebabkan kematian tanaman tersebut.
Lacto vegetarian
Pantang mengkonsumsi semua produk hewani termasuk telur tapi mengkonsumsi susu dan olahannya.
Lacto ovo vegetarian
Tidak memakan produk hewani segar, penganut lacto ovo vegetarian tidak memakan daging atau ikan namun masih mengkonsumsi telur dan susu.
Semi Vegetarian
Mengkonsumsi sayur-sayuran,juga ayam atau ikan, produk susu dan telur. hanya menghindari daging merah.
Vegetarian untuk diet
Menurut Prof. Tim Key dari universitas Oxford, Inggris kenaikan berat badan pada seseorang dapat ditekan jika ia makan banyak karbohidrat dan sedikit protein. Hal inilah yang menyebabkan pola makan vegetarian relatif sesuai untuk mengendalikan pertambahan berat badan. Selain itu menu vegetarian sangat menyehatkan karena hanya terdiri dari bahan makanan rendah lemak jenuh, rendah kalori, rendah gula,dan rendah garam. tetapi kaya akan vitamin mineral dari buah dan sayuran juga kaya serat.
Jadi tidaklah heran jika para pakar kesehatan sepakat, dari sekian banyak metode diet yang diajurkan. Menghindari makanan dari daging dan mengubah perilaku makan menjadi vegetarian adalah cara diet yang paling tepat.
Kerugian bagi kesehatan
Meski menjadi vegetarian banyak untungnya, namun bukan berarti pola makan ini jauh dari masalah kesehatan diantaranya adalah:
-Kekurangan seng(Zinc) dan vitamin B-12 namun kondisi ini bisa diatasi dengan cara banyak mengkonsumsi kacang-kacangan dan produk-produk dari kedelai.
-Rentan terhadap anemia namun dengan meningkatkan asupan protein nabati serta mengkonsumsi suplemen zat besi maka anemia juga bisa diatasi
Jadi kalau temen-temen memang ingin mencoba diet maka cobalah ala vegetarian ini jadi bisa langsing dengan pola makan yang telah diuraikan diatas selamat mencoba dee.



1 komentar:

Jemiro

wah, cara diet yang ga menyakitkan ternyata, saya mau mencoba untuk Vegetarian deh, makasih infonya :)

Blogger template 'Pinki' by Ourblogtemplates.com 2008

Jump to TOP