Jumat, 03 April 2009

MaDu UnTuK KeSeHaTaN


Madu tersusun ats beberapa senyawa gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, natrium.klor,belerang, besi dan fosfat. Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C,B6 dan B3. Menurut sumber kepustakaan, setiap 1.000 g madu bernilai 3.280 kalori. Nilai kalori 1 kg madu sama dengan 50 butir telur atau 5.571 lt susu tau 1,689 kg daging.
Manfat madu yaitu:


Mudah dicerna
Karena molekul gula pada madu dapat berubah menjadi jenis gula lain(misalnya sukrosa menjadi glukosa) madu mudah dicerna oleh perut yang paling sensitive sekalipun. Walau memiliki kandungan asam yang tinggi. Madu membantu ginjal dan usus untuk berfungsi lebih baik.
Menambah tenaga
Jika dibandingkan dengan jumlah gula yang sama, kandungan kalori madu 40% lebih rendah. Walau memberi enenrgi yang besar, madu tidak menambah berat badan. Kandungan gizi utama madu yang terdiri dari senyawa karbohidrat seperti gula fruktosa(41.0%), glukosa(35%), sukrosa(1,9%), dan dekstrin(1,5%) akan menambah asupan energi yang diperlukan.
Memperlancar fungsi otak
Jika dicampur dengan air hangat, madu dapat berdifusi ke dalam darh hanya berselang tujuh menit setelah dikonsumsi. Molekul gula bebas dalam madu membuat otak berfungsi lebih baik karena otak merupakan pengonsumsi gula terbesar.
Membantu pembentukan darah
Madu menyediakan banyak energi yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan sel darah. Lebih jauh lagi ia membantu pembersihan darah. Madu berpengaruh positif dalam mengatur dan membantu peredaran darah. Madu juga berfungsi sebagai pelindung terhadap masalah pembuluh kapiler dan arteriosclerosis.

Uji keaslian madu
Mengocok madu dalam botol pengemasnya
Madu ali biasanya setelah proses pengocokan akan mengeluarkan buih. Karenanya saat madu asli dalam botol, ia akan menekan tutup botol sehingga ketika tutup botol dibuka maka akan terdengar suara letupan kecil.
Meneteskan madu pada selembar kertas
Madu yang berkategori palsu biasanya akan lebih mudah diserap oleh kertas kareana kadar ir yang dikandungnyalebih tinggi disbanding madu asli.
Jadi buat temen-temen yang suka madu bagus tuh banyak manfaatnya dan buat temen-temen yang g suka madu sayang tuh banyak banget manfatnya buat kesehatan makannya aku posting tuh siapa tahu berguna.

3 komentar:

tohircicomre

mau dong madunya... untuk kesehatanku, huehehehehe

Linda

banyak banget ya manfaatnya...
makasih sharenya sha...

aalil Belajar SEO

setuju bgt, madu itu banyak manfaatnya,,, saya aja minum tiap hari tp kok gak bsa gemuk2 ya... heheheh

Blogger template 'Pinki' by Ourblogtemplates.com 2008

Jump to TOP