Selasa, 05 Mei 2009

TiPs & TrIcKs To SaVe MoNeY


Seberapa besar penghasilan yang kamu terima, uang gaji tak pernah cukup. Habis begitu saja, tanpa ada yang bisa disimpan. Padahal, menabung sangat penting untuk menyiapkan masa depan. Meski penghasilanmu tidak terlalu besar, kamu tetap bisa kok menyisihkan dana untuk ditabung setiap bulan. Bagaimana caranya?


1. Menabung di awal
Jika selama ini kita berbelanja dulu atau membayar kebutuhan lainnya terlebih dulu, mulai sekarang kita membalik proses tersebut. Pay yourself First menabung di awal (saat menerima gaji) sisihkan 10% dari penghasilan kamu untuk disimpan. Jadi dalam hal ini kita menganggap atbungan sebagai kebutuhan nomor satu. Anggap seperti tagihan listrik atau air yang mau tidak mau harus dibayar.karena jika tidak listrik di rumah akan diputus. Jika kamu mengaggap tabungan sebagai pengeluaran maka kamu dengan mudah melakukannya sebagai sebuah kewajiban selain itu lupakanlah kalau kamu memiliki tabungan cara tersebut akan membuat kamu terhindar dari pikiran bahwwa kamu memiliki kelebihan dana yang bisa dibelanjakan.
2. Sedikit tetap konsisten
Tak usah menunggu memiliki penghasilan yang besar untuk menabung. meski kamu baru bisa menyisihkan uang sedikit, yang penting konsisten mengisi tabungan setiap bulannya.
3.Kumpulkan uang receh
Jangan sekali-kali menganggap remeh uang receh (logam)atau kembalian. kadang kita enggap menyimapan uang kembalian berupa receh dan sering membelanjakannya. Mulai sekarang berbelanjalah dengan uang kertas. Jika kamu dapat kembalian uang receh masukkan uang tersebut ke dalam celengan. Jika sudah penuh pindahkan ke rekening bank.
4. Secara bertahap
Naikkan persentase uang yang akan ditabung kalau kamu sudah terbiasa menabung dengan rutin cobalah untuk meningkatkan nilai presentase dana yang harus ditabung. misalnya kalau dulu 10 persen, naikkan hingga 20 persen dan seterusnya. Kalau penghasilan kamu naik maka naikkan juga setoran tabungan kamu begitu juga jika mendapat bonus seperti bonus akhir tahun atau THR. sisihkan terlebih dahulu untuk menambah tabungan.
5. Miliki rekening tabungan khusus
Agar tidak bingung mengatur uang. pisahkan rekening untuk kebutuhan sehari-hari dengan rekening untuk tabungan. Jadi setiap bulan kamu harus mentransfer sejumlah dana ke rekening tabungan untuk keperluan sehari-hari.
Jadi buat temen-temen nee siapa tahu infonya berguna yaa selamat mencoba dee


1 komentar:

[kurni]Awan_cLIK3rz

wah, lom dapat kabar baru ya, flu itu loh..
jadi ganti pake celengan semar aja..
hehee


hemat pangkal kaya

Yup !

Blogger template 'Pinki' by Ourblogtemplates.com 2008

Jump to TOP